:) ;) :* :p :D

:) ;) :* :p :D
B-Q Clabhe

Friday, November 11, 2011

Arti Sebuah Kekompakan

Kekompakan ? Ya, kekompakan. Apakah yang dimaksud dengan kekompakan ? Pertanyaan yang kadang melintas di kepala ketika ada rekan yang berkata "Kompak dong kita !"...


Sepertinya makna kata kekompakan itu adalah kebersamaan dalam suatu kegiatan atau pikiran untuk mencapai suatu tujuan. Hmm, tapi kawan, entah berapa kali kok rasanya ingin menampik kata "kekompakan" dalam beberapa situasi ya ?


Saya rasa kata 'kekompakan' itu hanya tepat dipakai dalam situasi atau bahasan yang mengarah pada kebaikan atau paling tidak, ada kemaslahatan positif bagi subjek, objek, dan lingkungannya. Nah, sedangkan jikalau bukan kebaikan, lantas pantaskah dikatakan 'kekompakan' ? Hmm, rasanya kok agak janggal ya ?


Sepertinya kurang cocok untuk menyebut kata 'kekompakan' dalam suatu kegiatan yang mengarah pada keburukan atau hal-hal yang negatif. Malahan, kalau untuk keburukan atau bahkan kejahatan, sepertinya lebih cocok untuk disebut dengan kata 'Mafia'. 


Jadi, kekompakan dalam suatu hal yang buruk, itu artinya 'mafia'. Simpelnya kalau kita kompak dalam kejahatan atau paling tidak merestui atau tidak melarang suatu bentuk keburukan maupun kejahatan, berarti kita termasuk mafia di dalam kegiatan tersebut. Sekalipun kita bukanlah ujung tombak atau pelaksana dari kegiatan itu.


Maka dari itu, jangan langsung ikut-ikutan kompak jikalau ada yang menggembar-gemborkan masalah kekompakan. Kita harus kritis. Cerdaslah menelaah tujuan utama dari kegiatan tersebut. Pertimbangkan manfaat dan mudharatnya. Jikalau baik kenapa tidak ? Namun kalau buruk, kenapa harus ikut ?


Ingat, hidup kita ada pada pilihan kita sendiri.. :)

No comments:

Post a Comment